Dalam dunia computer grafis terdapat dua macam jenis gambar, yaitu bitmap dan vector. Sebelum mendalami lebih lanjut tentang computer grafis, kita harus mengenal terlebih dahulu yang dimaksud dengan gambar bitmap dan gambar vector.

Gambar bitmap atau disebut juga gambar raster menggunakan titik-titik berwarna yang disebut pixel untuk membentuk gambar pada monitor. Gambar bitmap dianggap mampu menunjukkan gradasi warna dan gradasi bayangan yang halus, contohnya pada foto.Kelemahan gambar bitmap adalah ia sangat tergantung pada kerapatan dan jumlah pixel atau disebut juga resolusi.Ini berarti setiap gambar memiliki jumlah pixel yang sudah pasti.Akibatnya,gambar akan kehilangan detail dan menjadi jagged (berundak) bila ukurannya diperbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil dari resolusi aslinya.

Gambar vector terbentuk dari garis dan kurva yang terbentuk dari sambungan titik-titik matematis yang disebut vector. Vektor akan menampilkan sebuah gambar yang berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Kualitas gambar ini tidak tergantung pada resolusi gambar sehingga bila gambar vector diperbesar atau diperkecil tidak akan mempengaruhi kualitas dan detail gambar. Gambar vector dapat menjadi pilihan yang baik bila kita bekerja dengan gambar-gambar yang harus mempertahankan ketajaman garis saat ukurannya diubah, seperti logo dan teks.